Bukit Bangkirai, Perfect for We All

Bukit Bangkirai, Tempat Wisata Yang Sangat Menarik di Kalimantan Timur

Mengingat akan bukit bangkirai, hal itu telah membuat saya kembali membuka memori saat melakukan ekspedisi bersama TIM JURNALISTIK MAN 2 Samarinda. Perjalanan yang sangat menyenangkan di mulai di sebuah tempat wisata yang ssat itu baru saya atau kami sadari bahwa ada tempat seperti itu. Hal itu dikarenakan posisi tempat wisata tersebut jauh dari kota (yaiyalah).

Kawasan wisata alam Bukit Bangkirai yang dikelola PT. Inhutani I Unit I Balikpapan, bisa dijadikan alternatif liburan yang berbeda dari tempat wisata lainnya. Terletak di Kecamatan Samboja, Kab. Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur. Kawasan Wisata Bukit Bangkirai menawarkan pesona hutan hujan tropis yang masih alami. Pengunjung bahkan dapat mendengarkan kicauan burung dan suara-suara satwa hutan lainnya.

Bukit Bangkirai dapat ditempuh melalui perjalanan darat selama 1,5 jam dari Kota Balikpapan. Sebagai kawasan wisata alam, berbagai sarana dan prasarana telah dipersiapkan bagi para pengunjung seperti restoran dengan menu yang cukup bervariasi, lamin untuk pertemuan yang mampu menampung 100 orang, kolam renang serta penginapan berupa cottage dengan fasilitas AC maupun jungle cabin, yakni cottage yang tidak dilengkapi fasilitas listrik sehingga wisatawan yang menginap di situ dapat merasakan suasana hutan yang sebenarnya.

Wisata Alam Bukit Bangkirai, Kalimantan TimurPara pengunjung juga dapat mencoba tantangan untuk meniti canopy bridge atau jembatan tajuk sepanjang 64 m yang digantung menghubungkan 5 pohon Bangkirai di ketinggian 30 m. Untuk mencapai canopy bridge, terdapat dua menara dari kayu ulin yang didirikan mengelilingi batang pohon Bangkirai. Dari atas canopy bridge, wisatawan dapat dengan leluasa melihat panorama hutan hujan tropis (tropical rain forest) Bukit Bangkirai serta mengamati dari dekat formasi tajuk tegakan “Dipteropcarpaceae” yang menjadi ciri khas hutan hujan tropis.

Canopy bridge yang ada di Bukit Bangkirai merupakan yang pertama di Indonesia, kedua di Asia dan yang ke delapan di dunia. Konstruksinya dibuat di Amerika Serikat, sehingga dari segi keamanan cukup terjamin. Saat menaiki memang ada rasa takut dan was.was,, tetapi ternyata cukup menyenangkan.

Berikut beberapa fhoto dari kami saat berada di bukit bangkirai:

Categories: Our BORNEO | 4 Komentar

Navigasi pos

4 thoughts on “Bukit Bangkirai, Perfect for We All

  1. hwaaaaaaaa keren
    ada aku
    hahahašŸ˜€

  2. yg penting ada akušŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: